YAYASAN SAMUDRA BUANA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN
GARUDA
NUSANTARA
STKIP GATARA
PENGERTIAN
PSIKOLOGI BELAJAR
Psikologi belajar
adalah sebuah frase yang terdiri dari dua
kata, yaitu psikologi dan belajar. Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu
psyche yang artinya jiwa dan logos yang artinya ilmu. Jadi, secara harfiah
psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa.
Dalam perkembangannya, karena kontak dengan berbagai
disiplin ilmu, maka lahirlah bermacam-macam definisi psikologi yang satu dengan
yang lainnya berbeda. Seperti :
1.
Psikologi adalah ilmu mengenai
kehidupan mental (the science of mental life).
2.
Psikologi adalah ilmu mengenai
pikiran (the science of mind).
3. Psikologi adalah ilmu mengenai
tingkah laku (the science of behavior).
Inetraksi
manusia dengan lingkungannya.
Bagian-bagian
Tingkah laku :
·
Terbuka
( dapat dilihat dari tingakah laku ) eksprisif
Contoh
tingkah laku : tertawa, berjalan, berbicara,
·
Tertutup
( intrisif) /: berpikir, perasaan.
Menurut
Crow and Crow (psikologi belajar, Drs. Syaiful Bahri Djamarah, 2008), psychology
is the study of human behavior and human relationship. Jadi, yang
dipelajari oleh psikologi adalah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia
dengan dunia sekitarnya, baik yang berupa manusia lain (human relationship)
maupun yang bukan manusia seperti hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.
Sedangkan belajar itu sendiri secara
sederhana dapat diberi definisi sebagai aktifitas yang dilakukan individu
secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari
dan sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.
Aktivitas di sini dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa raga, psikofisik,
menuju ke perkembangan pribadi individu seutuhnya, yang menyangkut unsure cipta
(kognitif), rasa (afektif), dan karsa (psikomotor).
Perkembangan
dalam arti belajar disini dipahami sebagai “perubahan” yang relatif
permanen pada aspek psikologis. Individu yang berubah karena gila, mabuk, atau
cedera fisik bukanlah termasuk kategori belajar, walaupun mempengaruhi jiwanya
untuk sementara.
Berdasarkan uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa psikologi belajar adalah sebuah disiplin psikologi yang
berisi teori-teori psikologi mengenai belajar, terutama mengupas bagaimana cara
individu belajar atau melakukan pembelajaran.
TEORI BELAJAR :
·
Behapiorisme adalah perubahan tingkat laku diperoleh setelah
melakukan kontak dengan lingkungan.
ü
Semua ilmu hadir setelah ada kontak dengan
lingkungan
·
Kognitif itu belajar adalah proses internal mental manusia
yang tidak diamati secara langsung
·
HUMANISTIK
Kebebasan individu dalam
mengeluarkan pendapat.
Jomes mugental dalil 5 utama yaitu:
ü Keberadaan
manusia tidak dapat direduksi dari komponennya.
ü Memiliki
keunikan berinteraksi dengan oranglain
ü Mempunyai
kesadaran didiri berinteraksi dengan
orangg lain
ü Punya
pilihan dan tanggung jawab
ü Memiliki
kesadaran dan sengaja memcari makna
nilai kretaifitas
RUANG LINGKUP BELAJAR
Ada 3 pokok yaitu :
·
Masalah belajar
·
Proses belajar
·
Situasi belajar
METODE PSIKOLOGI
·
EKSPERIMENT mengetest keyakinan atau pendapat ,
tingkah laku dengan metode tertentu ( percobaan )
·
Observasi mempelajari gejala kejiwaan.
Introspeksi -> diteliti secara
sistematis pada diri sendiri( diri sendiri )
Ekstrospeksi -> diteliti secara
sistematis pada pada oranglain
·
Genetic ->
meneliti masa pertumbuhan mental dan fisik anak dengan anak lainnya
·
Riwayat hidup/ klnis -> kejiwaan dengan
mengumpulkan riwayat hidup sebanyak mungkin baik yang tertulis atau tidak
tertulis.
Kelemahan : Masa lalu tidak
selamanya diingat
·
test -> berisi pertanyaan
dapat
digunakan seberapa kemampuan siswa,sikap, bakat, minat dan kepribadian anak.
KEGAGALAN GURU DALAM
PEMBELAJARAN
·
Kedangkalan
pengetahuan tentang siapa anak didik
·
MANFAAT MEMPELAJARI PSIKOLOGI BELAJAR
1.
Diharapkan
dapat diperoleh ilmu pengetahuan tentang hakikat sapa anak didik dna bagaimana
cara belajarnya
2.
Diharapkan
dapat diperoleh ilmu pengetahuan Ilmu pengtahuan tentang teori prinsipdan
cirri-ciri has perilaku anak ketika belajar
3.
Diharapkan
dapat diperoleh bahwa setiap anak berbeda sebagai individu dalam belajar
4.
Diharapkan
dapat diperoleh tentang belajar dan
factor yang mempengaruhinya
5.
Diharapkan
dapat diperoleh ilmu pengetahuan Pembawaan
merupakan potensi anak yang tersedia dan dapat diubah engan menyediakan lingkungan
belajar yang kreatif didalam kelas
6.
Diharapkan
dapat diperoleh ilmu pengetahuan Maslah
yang terkait teori2 prinsi2 dan fungsi tekhnik motovasi belajar yg dapat
dimanfaatkan dalam rangka perberian otivasi pada anak didik yang tidak
bergairah pada belajar.
7.
Diharapkan
dapat diperoleh ilmu pengetahuan Hubungan
antara tingkah laku, kematangan dengan kesiapan ana belajar
Diharapkan dapat
diperoleh ilmu pengetahuan Masalah
transper belajar yang dapat dimanfaatkan untuk membantu anak didik untuk
mentrsnsper peilehannya dlm siatuasi lain sehingga pengauasaan anak didik