Just another free Blogger theme

Andi Sukmayadi. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Cari Blog Ini

Pengikut

Sabtu, 02 November 2013



YAYASAN SAMUDRA BUANA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN
GARUDA NUSANTARA
                              STKIP GATARA
Jalan Sukasari NO. 083 Bangunjaya Langkap Lancar 46391
MATA KULIAH            : BAHASA INNDONESIA
DOSEN                : DEDE SOLEHUDIN
TANGGAL          : MINGGU, 03 NOPEMBER 2013
WAKTU              : 10.30 s/d 12.00


KETERAMPILAN MENYIMAK
Atau DALAM KURIKULUM SEKOLAH digunakan istilah mendengarkan atau memperhatikan. Dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu kegiatan berbahasa yang sangat penting karena melalui menyimak kita dapat memperoleh informasi untuk menanbah wawasan pengetahuan dan pengalaman tentang kehidupan. Begitupula disekolah menyimak mempunyai peran penting karena dapat menambah ilmu serta menerima dan menghargai pendapat orang lain.
Pengembangan keterampilan menyimak dibedakan atas 4 macam  diantaranya:
1.      Tataran identifikasi ( pengenalan )
2.      Tataran identifikasi seleksi tanpa retensi
Memperoleh kemampuan mengenal dan memahami sesuatuakan tettapi belum dituntut adanya kemampuan untuk melakukan sesuatu.
3.      Tataran identifikasi dengan seleksi terpimpin dan retensi jangka pendek.
Dimana dituntut mengenal buyi2an dan kemampuan memahami tetapi masih dalam tarap terpimpin.
4.      Tataran identifikasi, seleksi retensi jangka panjang
Tarap Menyimak yang menuntut menyimak dan memahami sesuatu dalam jangka waktu yang relatip lama

Proses menyimak merupakan proses interaktif yang merubah bahasa lisan menjadi makna dalam pikiran. Menyimak tidak sekedar mendengarkan melainkan memahami. Kegiatan berpikir atau menangkap maknabagi dari apa yang didengarkan merupakan bagian dari proses menyimak.
Ada 3 tahapan proses menyimak:
1.      Menerima masukan auditorik
2.      Memperhatikan masukan auditorik  dengan berkonsentrasi
3.       Menaksirkan dan berinteraksi dengan masukan auditorik ( merperbandingkan )

STRATEGI MENYIMAK BAHASA
1.      Memusatkan perhatian
2.      Membuat catatan (symbol atau singkatan)/ bersipat sederhana
3.      Menaksirkan dan berinteraksi

Keterampilan menyimak bahasa dalam proses awal menyimak dapat diperinci atas
1.      Keampuan mengidentifkasi  dan menyeleksi gejala-gejala fonetik, baik berupa anada, tekanan, persendian, maupun intonasi pada umumnya.
2.      Kemampuan mengenal, membedakan, menerapkan kosa kata sesuai dengan makna d an onteksnya yang tepat
3.      Kemampuan menganal, membedakan menerapkan struktur tata bahasa sesuai dengan makna yang tepat termasuk juga strutur frase dan idiom-idiom yang ada.
Idiom adalah kelompok kata yang dirangkai dengan susunan tertentu dimana arti idiom tidak dapat ditebak dai arti kata-kata penyusunnya secara terpisah.

KEMAMPUAN MENYIMAK TINDAK LANJUT
 Digolongkan kedalah 3 jenis :
1.      Menyimak kritis : kegiatan menyimak dengan sungguh2 memberikan penilaian secara objektif
2.      Menyimak kreatif : kemampuan menyimak mengembangkan daya imajinasi dan kretifitas belajar. C; mengucap ulang kalimat
3.      Menimak eksploratif : kegiatan menyimak yang dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan informasi baru berupa gagasan.